Jumat, 01 Februari 2008

Din Masih Mengemban Amanat Muhammadiyah

Kamis, 31 Januari 2008 | 19:17 WIB

JAKARTA, KAMIS - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin menegaskan bahwa dirinya masih mengemban amanah dari Persyarikatan Muhammadiyah. Itu sebabnya, belum memikirkan tawaran ataupun menawarkan diri untuk terjun sebagai pasangan presiden ataupun wakil presiden pada pemilu 2009.

Demikian siaran pers PP Muhammadiyah yang diterima Kompas di Jakarta, Kamis (31/1). Din menjelaskan tentang kehadiran dirinya peringatan HUT Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Din, kehadirannya merupakan silaturrahim sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah, yang selalu menjaga kedekatan yang sama dengan ormas dan parpol manapun juga. Apalagi, menurut Din, dirinya mempunyai banyak kawan di PDIP dan merasa punya hubungan baik dengan para fungsionaris DPP PDIP.

Din mengaku, ada dua alasan yang membuat dirinya tertarik dengan PDIP. Pertama, orientasi PDIP terhadap wong cilik atau kaum dhu'afa. Kedua, sikap PDIP untuk membangun kemandirian bangsa dengan tidak mudah terjebak pada kekuatan asing.

Kedua sikap politik PDIP ini, menurut Din, relevan dengan kondisi rakyat Indonesia yang masih banyak hidup miskin, sementara tekanan globalisasi begitu kuat.

Tidak ada komentar: