Senin, 01 September 2008

Syafii Maarif Terima Magsaysay Award 2008


Jakarta, Kompas - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif mendapat anugerah Ramon Magsaysay Award 2008 untuk kategori Perdamaian dan Pemahaman Internasional. Syafii dinilai memiliki kontribusi besar dalam mengembangkan persaudaraan, perdamaian, dan solidaritas sebagai landasan pembangunan berkelanjutan dan lintas negara.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pengawas Magsaysay Award Foundation Jaime Augusto Zobel de Ayala II di Teater Utama Pusat Kebudayaan Filipina di Manila, Minggu (31/8) sore.

Syafii Maarif dianggap mampu membimbing umat Islam Indonesia untuk menerima pluralisme dan toleransi sebagai basis kehidupan yang adil dan harmonis di Indonesia. Upaya Syafii ini juga memiliki pengaruh global.

Dialog antariman yang dikembangkan Syafii di tengah meningkatnya ketegangan antarumat beragama di Indonesia mampu mengurangi tingkat kekerasan yang terjadi. Syafii berhasil mengembangkan citra Islam yang damai, antikekerasan, dan menolak keras anggapan terorisme sebagai bagian dari Islam.

Magsaysay Award 2008 juga diberikan kepada Grace Padaca dari Filipina untuk kategori Pelayanan Pemerintahan. Kategori Pelayanan Publik diberikan kepada Center for Agriculture and Rural Development Mutually Reinforcing Institutions (CRD MRI) dari Filipina dan Therdchai Jivacate dari Thailand.

Sementara itu, kategori Kepemimpinan Komunitas diraih Prakash Amte dan Mandakini Amte dari India. Kategori Kepemimpinan Baru yang Cemerlang diraih Ananda Galappatti dari Sri Lanka.

Penghargaan untuk kategori Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif diberikan kepada Akio Ishii dari Jepang.

Menurut Direktur Eksekutif Maarif Institute Raja Juli Antoni, yang menghadiri acara penganugerahan tersebut, Syafii dalam pidato singkatnya mengatakan, penghargaan yang diterimanya tidak lepas dari peranan Muhammadiyah sebagai organisasi yang telah membesarkannya. (MZW)

Tidak ada komentar: