Senin, 16 Juli 2007

MPM Panen Kentang di Pengalengan

Mohammad Sobar

ImageYogyakarta- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah, mengadakan panen kentang di Pengalengan Jawa Barat pada sabtu lalu. Panen tersebut dilakukan bersama-sama dengan petani yang selam ini dibina oleh MPM Muhammadiyah Jawa Barat, demikian yang disampaikan MPM Muhammadiyah Pusat dalam release yang diterima Muhammadiyah.or.id, selasa (14/02/2007).

Bertempat di Jalan Raya Situcileunca, Pangalengan, Jabar, acara memanen kentang tersebut dipimpin langsung oleh ketua umum Muhammadiyah Pusat, Din Syamsuddin yang saat itu mengenakan caping. Acara memanen kentang ini adalah rangkaian dari acara peresmian Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Petani MPM PWM Jabar. Acara yang sudah dilaksanakan untuk yang ke 11 kalinya ini, menurut anggota MPM Pusat, Iqbal Tuasikal adalah untuk memberi pelatihan dan pembelajaran pada petani di Jawa Barat, “Yang jelas hal ini untuk pelatihan dan pembelajaran petani yang ada di Jawa Barat,” ungkapnya, yang dihubungi muhammadiyah.or.id melalui sambungan telepon, rabu (14/02/2007).
Lebih Lanjut Iqbal menjelaskan, pelatihan yang diadakan adalah untuk pembudidayaan dan pengolahan hasil-hasil panen, yang selama ini para petani masih kurang mendapat pengetahuan. Untuk pengelolaan hasil panen, Iqbal mencontohkan pada panen kentang kemarin, akan diolah menjadi tepung kentang yang nilai ekonomisnya akan lebih besar. Khusus pada pengelolaan kentang menjadi tepung kentang ini, MPM akan mengadakan kerjasama dengan Universitas Pasundan, “Pada pelatihan untuk pengelolaan hasil-hasil panen, khususnya pengelolaan kentang menjadi tepung kentang, kita bekerjasama dengan Unpas (Universitas Pasundan),” jelasnya. (mac)

Tidak ada komentar: